brunkalla.com Desain Interior Desain Dapur Terbuka Untuk Rumah Kecil

Desain Dapur Terbuka Untuk Rumah Kecil

Desain Dapur Terbuka Untuk Rumah Kecil

Memiliki rumah di perumahan merupakan pilihan utama sebagian banyak orang. Tentu dengan kelebihan dan kekurangannya khususnya dibidang sosial kemasyarakatan, terlebih lagi jika tinggal di daerah dimana hubungan antar individu dalam masyarakat masih sangat dekat dan kental.

Berbeda dengan kota-kota besar dimana masing-masing individu memiliki aktivitas yang berbeda sehingga tinggal di komplek perumahan terkadang memberikan keuntungan yang lebih besar. Khususnya pada keamanan.

Perumahan pada umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan non perumahan dikarenakan fasilitas yang harus disediakan seperti jalan, penerangan jalan dan banyak fasilitas lain yang di sediakan mandiri.

Sebagai standar bangunan untuk perumahan biasanya tersedia dalam beberapa type standard seperti type 36, 45, 54, 65, 75, dan seterusnya. Dengan lahan dan biaya bangunan yang lebih mahal, khususnya bagi pasangan muda atau keluarga muda biasanyamembeli rumah dengan type yang sesuai dengan kebutuhan atau jumlah anggota keluarga.

Terkadang pilihan rumah dengan type kecil tidak menyediakan ruang yang cukup yang di bangun untuk satu fungsi tertentu. Oleh karena itu penggabungan ruangan untuk memiliki dua fungsi atau lebih menjadi solusi yang logis. Yang paling sederhana adalah ruang tamu yang di jadikan satu dengan ruang keluarga. Beberapa orang berpendapat ruang hal ini memiliki nilai fungsi yang lebih terlebih pada masa sekarang ini tamu yang berkunjung biasanya adalah orang dekat atau keluarga. Terkadang dinilai agak berlebihan menyediakan ruang tamu yang memakan 20% atau lebih luas bangunan untuk tamu yang belum tentu datang seminggu sekali.

Pilihan lainnya juga menggabungkan ruang makan dan dapur dengan menambahkan area makan didapur. Hal ini juga semakin menjadi pilihan terlebih dapur adalah jantungnya rumah dimana aktivitas berpusat disana. Tahap berikutnya adalah menggabungkan ruang keluarga dengan dapur. Walaupun sebenarnya tidak betul betul menyatu akan tetapi dengan menghilangkan batas diatara keduanya atau biasa dikatakan dengan desain dapur terbuka maka terciptalah ruang keluarga dan dapur yang terhubung dengan baik.

Ada hal penting yang di perlu di perhatikan ketika mendesain dengan dapur terbuka khususnya jika terhubung dengan ruang keluarga yaitu tersedianya ventilasi udara yang cukup karena aktifitas memasak dan menyiapkan makanan biasanya menghasilkan bau yang kurang pas bila bau tersebut hadir di ruang tamu atau ruang keluarga.

Bahkan terkadang peralatan seperti cook hood yang bisa menyedot baud an uang yang ada di kompor terkadang menjadi keharusansehingga ruangna lain didalam rumah tidak terekspos dengan bau dari area dapur.

Cook hood ini bisa disembunyikan pada bagian bawah cabinet dapur atau bisa juga tidak perlu disembunyikan. Dengan desain dan bahan yang cantik cook hood bahkan bisa manambah kecantikan atau desain suatu dapur. Seperti halnya untuk dapur dapur bertema klasik maka bisa di pilih cook hood yang besar dan desain yang sesuai, sedangkan untuk desain dapur modern maka tersedia pilihan yang banyak dari yang biasa sampai yang mutakhir dengan banyak fasilitas untuk membantu penghuni rumah khususnya mereka yang beraktifitas di dapur.

Jadi bagaimana dengan rumah anda? Apakah menggunakan konsep dapur terbuka ini? Atau masih menggunakan dapur yang terpisah dari ruang lainnya? Semua adalah pilihan, dengan adanya artikel ini semoga bisa menjadi tambahan informasi sehingga pemilihan desain dan type ruangan rumah yang diinginkan bisa sesuai dan memiliki fungsi yang lebih disbanding satu fungsi khusus yang terkadang tidak maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *